Manfaat Bawang Merah Untuk Penurun Demam

Demam
Demam

Manfaat bawang merah untuk penurun demam sudah menjadi rahasia umum dan peninggalan turun temurun dari orang tua kita. Bawang merah selain untuk bumbu dapur dapat pula dijadikan untuk obat-obatan tradisional. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang merah merupakan salah satu obat tradisional yang mujarab. Dari sekian banyak manfaat bawang merah salah satunya adalah sebagai obat penurun demam untuk anak-anak.

Manfaat Bawang Merah
Bawang Merah

Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu normalnya. Biasanya suhu tubuh dikatakan demam jika sudah mencapai 37.5 °C. Jika kondisi ini terjadi sebaiknya orang tua sudah mulai memperhatikan kondisi anak seperti apa. Apakah sudah hilang nafsu makan, lesu dan tidak ceria atau ada gejala lain.

Demam adalah respon tubuh anak dalam membentuk imunitas untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Tentunya orang tua tidak berdiam diri begitu saja, biasanya anak akan diberi obat-obatan untuk penurun demam. Selain tentunya obat-obatan Anda juga dapat mencoba menggunakan bawang merah sebagai obat tradisional penurun demam.

1. Bawang merah untuk kerokan

Kupas Bawang merah utuh ukuran sedang dibelah menjadi 2 lalu gosokkan secara lembut pada punggung anak dengan gerakan berulang. Para orang tua harus hati-hati agar kulit tidak iritasi. Hindari menggosok pada daerah kulit yang terbuka seperti bekas garukan. Setelahnya beri anak pijatan lembut pada kulit dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Pijatan yang lembut dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak.

2. Campuran bawang merah dengan minyak gosok

Caranya adalah dengan mencampur bawang merah dengan minyak gosok (bisa minyak telon atau minyak kayu putih). Lalu hasil campuran dioleskan pada punggung dan perut anak.

  • Kupas dan bersihkan bawang merah sesuai kebutuhan
  • Haluskan bawang merah dengan cara digerus, dicincang atau di parut. Sebaiknya hasil penghalusan jangan terlalu lembut agar masih ada tekstur bawang merahnya
  • Campurkan dalam wadah dengan minyak gosok. Bisa menggunakan minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih
  • Balurkan hasil campuran tadi ke bagian-bagian tubuh anak misal di bagian punggung, perut, lengan, paha, telapak tangan, telapak kaki, dahi dan ubun-ubun.
  • Setelah dibalurkan pijat anak dengan pijatan lembut dan hati-hati

Baca Juga :

Itulah cara memanfaatkan bawang merah untuk penurun demam.

Jika demam masih berlanjut dalam beberapa hari tidak turun disertai gejala lainnya seperti muntah-muntah, dehidrasi, tidak nafsu makan, menggigil, hingga kejang-kejang sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk penanganan medis lebih lanjut.

2 Replies to “Manfaat Bawang Merah Untuk Penurun Demam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *