Yuk! Ikuti Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Bikin Panjang Umur

Yuk! Ikuti Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Bikin Panjang Umur

Gaya hidup sehat orang Jepang mengakibatkan negara ini dikenal sebagai negara dengan kedisplinan yang tinggi dan terkenal dengan pola hidup paling sehat. Beberapa penelitian kesehatan memperlihatkan bahwa penduduk Jepang punya angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas di Jepang cuma 3,5% dari keseluruhan penduduk. Tingkat penyakit berbahaya seperti kanker payudara, kanker postat, dan penyakit mematikan no.1 seperti jantung pun rendah.

Kenapa? Karena gaya hidup orang Jepang amat tertata dan menyehatkan. Mari kita lihat 10 gaya hidup orang Jepang berikut ini!

10 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

1. Selalu Konsumsi Ikan

Gaya hidup sehat orang jepang

Gaya hidup sehat orang jepang yang terkenal adalah sangat hobi memakan ikan. Kamu berkenan punya kulit bersinar tanpa perlindungan bahan kimia? Konsumsi banyak ikan ya, girls. Kebanyakan orang Jepang, mereka makan ikan kurang lebih 100 gram sehari. Dalam ikan amat tinggi takaran asam lemak omega 3, yang merupakan lemak sehat untuk kesehatan otak dan jantung kamu. Yuk, pindah konsumsi daging merah bersama ikan!

2. Tidak harus yang manis untuk pencuci mulut

Warga Amerika dan Indonesi tidak jauh berbeda mengkonsumsi rata-rata 100 gram gula per hari. Sebaliknya, orang Jepang jarang sekali memakan makanan manis atau makanan penutup. Mereka cuma konsumsi 48,8 gram gula per hari.

Gaya hidup sehat orang jepang

Orang Jepang memilih pencuci mulut yang tepat seperti buah-buahan atau teh hijau (ocha) agar dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas. Dessert seperti cake dan pudding sebetulnya enak sekali dinikmati selepas makan, tapi buah jauh lebih sehat kan.

3. Minum Teh Hijau

Gaya hidup sehat orang jepang

Salah satu budaya orang Jepang adalah minum teh, terlebih teh hijau. Teh hijau termasuk asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, gara-gara teh hijau dikenal miliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di yang ada di dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh dapat segera diproses menjadi daya yang diperlukan tubuh untuk jalankan aktivitas. Minum teh hijau termasuk dapat kurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, termasuk kanker.

4. Gemar Makan Rumput Laut atau Nori

Serat pangan dari laut ini banyak di konsumsi orang Jepang. Rumput laut adalah salah satu makanan yang punya zat antioksidan tinggi di dalamnya agar dapat mengurangi penyerapan lemak didalam tubuh.

Gaya hidup sehat orang jepang

Manfaat lain dari rumput laut yaitu dapat meningkatkan pengolahan lemak didalam tubuh hingga 4 kali lipat. Oleh karenanya, nori amat sesuai bagi kamu yang ingin turunkan berat badan.

5. Jangan Tunggu Kenyang

Makan banyak sebetulnya buat kenyang. Inilah yang bisasa kita, orang Indonesia, lakukan. Berbeda bersama orang Jepang, mereka mempunyai komitmen “hara hachi bu” yang artinya “makanlah hingga perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan bersama perlahan termasuk dapat mengakibatkan makanan lebih ringan dicerna. Kebiasaan inilah yang mengakibatkan orang Jepang langsing dan sehat. Selain itu bagi umat muslim, hal ini sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu berhenti makan sebelum kenyang.

6. Sering Berjalan Kaki

gaya hidup sehat orang jepang

Orang Jepang gemar berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. Beda sekali dengan tradisi di Indonesia bukan? Mereka jalan kaki kemana saja ingin pergi, baik ke sekolah, kantor, atau cuma sebatas ke taman. Hal inilah yang mengakibatkan orang Jepang nampak bahagia, bugar, dan awet muda. Dengan jalan kaki, kamu termasuk sudah membuktikan cinta pada lingkungan sekitar karena mengurangi polusi udara yang timbul dari kendaraan kamu.

7. Pola Hidup Seimbang dan Cinta Sayuran

Orang Jepang dikenal sebagai pekerja keras, tapi tetap menjaga kesehatan. Mereka tetap menerapkan pola hidup yang seimbang, seperti banyak konsumsi sayuran. Hampir semua menu makanan di Jepang tentu menyisipkan sayuran di dalamnya.

Mereka termasuk tetap meluangkan waktu untuk beristirahat yang cukup. Itulah sebabnya orang Jepang punya indeks kesehatan paling baik di dunia.

8. Makan ‘Bakteri’ dan Tofu

gaya hidup sehat orang jepang

Banyak bakteri yang punya fungsi positif untuk kesehatan pencernaan, salah satunya bakteri didalam yogurt dan acar. Tofu termasuk baik untuk kesehatan karena punya kandungan isoflavon tinggi yang baik untuk hormon dan terhindar dari penyakit osteoporosis kala wanita memasuki era menopause. Orang Jepang amat menyukai yogurt, acar, dan tofu sebagai menu tambahan makan siang.

9. Karbohidrat Bukan Cuma dari Nasi

Di Indonesia sumber utama karbohidrat adalah Nasi, di Jepang konsumsi karbohidrat amatlah variatif. Orang Jepang tidak makan nasi 3 x sehari, tetapi mereka punyai langkah tersendiri. Sebagian besar orang Jepang punya banyak pilihan karbohidrat tidak cuman nasi, di antaranya udon (mie dari beras), soba (mie dari buckle wheat), dan sereal. Hal ini mendukung mereka sehingga persentase karbohidrat didalam tubuh mereka tidak berlebihan.Kamu dapat mencoba hal semacam ini sehingga hidup menjadi sehat.

10. Masak Sebentar Saja, Jangan Lama-lama

Makanan di berbagai negara kebanyakan diproses dalam waktu yang lama, baik direbus, digoreng, dibakar, atau ditumis. Uniknya, orang Jepang mengolah makanan didalam kala singkat agar gizi yang terdapat di didalam bahan masakan tidak hilang. Selain itu, radikal bebas yang terbentuk dari proses masak termasuk terminimalisir. Hal ini mengakibatkan kualitas makanan terjaga bersama baik. Bahkan orang Jepang amat menyukai makan makanan mentah, terlebih ikan yang baunya amis.

Mencegah Gigi Keropos                                                                                                                                                Merawar Rambut Indah dan berkilau

 

Itulah 10 Gaya hidup sehat orang jepang yang bisa kamu tiru agar hidup kamu lebih sehat, awet muda, dan panjang umur. Kenapa tidak kita tiru orang jepang. Manfaatnya banyak sekali bagi kesehatan. Silahkan kamu coba dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *