Yuk! Nikmati Manfaat Berjemur sinar matahari di Pagi Hari

Sering kali kita merasa malas beraktivitas di luar rumah karena teriknya matahari. Pasalnya, selain dapat menyebabkan tubuh berkeringat, kita akan takut kulit tubuh kita terlihat kusam dan hitam. Belum lagi asumsi orang bahwa dengan berada di bawah paparan sinar matahari kita bisa terkena kanker kulit.

Sinar Matahari

Memang sih semua hal di atas benar, tapi jika kamu berada di bawah sinar matahari sebelum jam 8 pagi, justru banyak manfaat yang akan kamu dapatkan loh. Berikut ulasan dari 10 manfaat berjemur di bawah sinar matahari untuk kesehatan. Yuk, langsung simak saja ulasan di bawah ini;

1. Memberi Ketenangan dan Mengobati Depresi

Orang yang depresi cenderung menjadi pribadi yang mudah marah, sensitif, dan senang menyendiri. Depresi terkadang membuat seseorang kehilangan arah dan semangat hidup. Untuk menyembuhkannya, tak jarang seseorang pergi ke psikiater.

Tapi daripada ke psikater, lebih baik coba deh berjemur di bawah sinar matahari. Sebab dapat merangsang kelenjar endorphin dalam tubuh. Sehingga seseorang yang depresi dapat lebih tenang dan bahagia.

2. Baik Untuk Kesehatan Tulang Pada Tubuh

Vitamin D yang terdapat di dalam sinar matahari dipercaya mampu menguatkan otot dan tulang. Sehingga berfungsi untuk mencegah penyakit osteoporosis. Meskipun penyakit osteoporosis ini kerap menyerang usia tua, namun tidak menutup kemungkinan diderita pula oleh usia muda.

Sinar Matahari

Jadi untuk menjaga kesehatan tulang luangkanlah waktu sekitar 30 menit untuk bejemur dibawah sinar matahari pagi dan rasakan sinarnya menembus kulitmu.

Manfaat Stretching

3. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Tanpa kita sadari sistem imunitas di dalam tubuh terkadang menurun sehingga tubuh kita rentan terkena berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, kamu bisa menggunakan bantuan sinar matahari pagi.

Hal ini Ini lantaran sinar matahari membuat sel darah putih di dalam tubuh menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Sel darah putih berfungsi untuk melawan bakteri dari luar, sehingga berbagai penyakit yang akan menyerangmu bisa tertangkal.

4. Vitamin D Pada Sinar Matahari Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan vitamin D yang ada pada sinar matahari dapat menurunkan resiko kanker prostat dan kanker payudara. Penyakit kanker diakibatkan oleh pertumbuhan sel pada tubuh yang tidak terkendali. Oleh karena itu, jika kita berjemur di bawah sinar matahari dapat mengurangi pertumbuhan sel-sel tersebut.

Menjaga Kesehatan Mata

5. Menurunkan Kadar Gula dan Mencegah Diabetes

Diabetes terjadi akibat lonjakan kadar gula di dalam darah yang melebihi batas normal akibat kinerja dari hormone insulin yang terganggu. Biasanya, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Nah, jika kita berjemur di bawah sinar matahari selama 30 menit dipercaya mampu menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga penyakit diabetes bsa dicegah.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah dan Tubuh Terlihat Lebih Segar dan Prima

Sinar Matahari

Dengan berjemur di bawah sinar matahari sebentar saja, sirkulasi darah di dalam tubuh akan lancar. Pasalnya, pembuluh kapiler di dalam tubuh bisa melebar. Selain itu, oksigen dan nutrisi bisa menuju ke jantung secara maksimal.

7. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Menkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung zat pewarna akan membuat tubuhmu banyak menyimpan racun. Jika sudah begitu, kamu akan rentan dengan kemunculan berbagai penyakit. Salah satu cara ampuh untuk mengeluarkan racun tersebut adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang mampu meningkatkan fungsi hati untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

8. Membuat Pikiran Lebih Rileks dan Bahagia

Sinar Matahari

Tak bisa dipungkiri, terkadang kita akan merasa lelah dan penat dengan segala aktifitas kita setiap hari. Untuk mengusir kelelahan dan kepenatan tersebut kamu perlu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dengan begitu, sebuah senyawa yang bernama serotonin didalam tubuh akan membuat pikiranmu lebih rileks dan perasaanmu jauh lebih bahagia.

9. Membuat Tidur Jauh Lebih Nyenyak

Tidur sangat penting bagi tubuh sebab dapat mengistirahatkan badan dan pikiran setelah beraktivitas penuh seharian. Namun, tidak semua orang bisa tidur nyenyak, bahkan ada yang mengalami insomnia.

Nah, apabila kamu mengalami gejala susah tidur lebih baik biasakan dirimu untuk berjemur di bawah sinar matahari. Sebab, sinar matahari memiliki senyawa melatonin, yakni; hormon yang terletak di dalam otak dan bisa membuat tidur nyenyak.

Khasiat Air Putih

10. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak semua sistem pencernaan seseorang lancer dan menyerap nutrisi makanan dengan sempurna. Banyak orang yang pencernaannya tidak lancer akibat banyaknya zat sisa makanan yang menumpuk sehingga kesehatannya terganggu.

Jika kamu adalah orang yang memiliki gangguan pencernaan, lebih baik biasakan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit saja setiap hari. Hal ini dapat membuat lemak yang tersimpan di dalam tubuhmu terbakar dan berubah menjadi energy. Selain itu tubuhmu juga akan tampak lebih ramping dan sehat.

Tidak semua sistem pencernaan seseorang lancar dan menyerap nutrisi makanan dengan sempurna. Banyak orang yang pencernaannya tidak lancer akibat banyaknya zat sisa makanan yang menumpuk sehingga kesehatannya terganggu.

Jika kamu adalah orang yang memiliki gangguan pencernaan, lebih baik biasakan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit saja setiap hari. Hal ini dapat membuat lemak yang tersimpan di dalam tubuhmu terbakar dan berubah menjadi energy. Selain itu tubuhmu juga akan tampak lebih ramping dan sehat.

One Reply to “Yuk! Nikmati Manfaat Berjemur sinar matahari di Pagi Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *